Dakwah Ala Sunan Kalijaga

Lagi gan, masih live posting dari Tegal. Kali ini ane mau nge-bahas tentang metode dakwah dari salah satu tokoh Islam favorit ane sambil ditemenin sama sebotol teh dan setumpuk berkas……..

edosetya.wordpress.com

Yup, sesuai judul gan yaitu Sunan Kalijaga. Terlahir dengan nama Raden Said, Sunan Kalijaga muda sudah mengerti ketimpangan sosial di sekitar lingkungannya. Perbedaan ekonomi yang sangat jauh antara si miskin dan si kaya. Inisiatif pribadi, Raden Said menjadi perampok orang-orang kaya dan hasilnya dibagikan ke orang-orang miskin. Robin Hood-nya Indonesia sih kalo ane bilang. Ato mungkin Robin Hood lah yang meniru Raden Said?

edosetya.wordpress.com

Kiri Sunan Kalijaga, kanan Robin Hood

Ane beberin dikit cerita awal mulanya Raden Said bergelar Sunan Kalijaga. Bertemu dengan kakek-kakek yang mempunyai tongkat emas dan ingin merampok tongkat tersebut dan dibagikan kepada orang-orang miskin. Namun saat hendak merampok, Raden Said dinasihati bahwa cara beliau dalam membantu orang adalah salah. Allah hanya menerima amal dari perbuatan yang baik. Akhirnya Raden Said sadar bahwa cara yang beliau tempuh selama ini adalah salah. Beliau lalu bertanya kepada kakek tersebut dan menanyakan namanya.

namaku Sunan Bonang anak muda…!

Raden Said terkejut dan langsung meminta Sunan Bonang untuk menjadi gurunya. Setelah lulus Raden Said mengganti namanya menjadi Sunan Kalijaga (jreng jreng jreeeeng).

Saat itu pengaruh Kerajaan Majapahit sangatlah kental. Sebagian penganut agama di Pulau Jawa mayoritas adalah agama Hindu. Dalam metode dakwahnya, Sunan Kalijaga menyebarkan agama dengan penuh kelembutan. Beliau memakai kebudayaan setempat untuk mengajarkan Agama Islam. Salah satunya dengan wayang dan Perang Bharatayudha-nya.

bhenco.wordpress.com

bhenco.wordpress.com

Perang Bharatayudha mengisahkan tentang Keluarga Kurawa yang berjumlah seratus orang dan berwatak jahat melawan Keluarga Pandhawa yang berjumlah lima orang dan berwatak baik. Tapi ini bukan di family 100 ya, bukan. Ini perang. This is a war! Absolutely war! Jadi jangan samakan dengan top survei ya. Hehehe. Pertempuran ini dimenangkan oleh Keluarga Pandhawa. Logikanya, mengapa lima lawan seratus bisa menang lima? Maksud Sunan Kalijaga adalah berapapun jumlah kejahatan di dunia ini dapat ditaklukan dengan kebaikan berapapun jumlahnya. Sunan Kalijaga mengajak masyarakat yang menonton pagelaran ini supaya berbuat baik walaupun dimulai dengan yang sedikit. Di sela-sela cerita beliau menyelipkan macapat yaitu lagu khas Jawa dengan berisi ayat-ayat Al-Quran.

Tau Prabu Yudhistira? Dia anak tertua dari Pandawa. Dikisahkan mempunyai Jimat Kalimusada yang jika diperdengarkan, maka musuhnya akan langsung mati. Taukah kamu isi dari Jimat tersebut? Yup, dua kalimat Syahadat. Sunan Kalijaga mengajarkan bahwa dua kalimat Syahadat dapat menghindarkan kita dari keburukan.

Prabu Yudistira / id.wikipedia.org

Mengapa Sunan kalijaga memilih metode dakwah dengan jalur seni kebudayaan lokal? Supaya masyarakat sekitar tidak kaget saat. Masyarakat pada umumnya tidak senang kepada orang yang langsung mengubah kebudayaan setempat oleh karenanya, Sunan kalijaga memasukkan unsur Islam dikesenian setempat supaya masyarakat bisa menerima ajaran Islam dengan perdamaian.

Nah lalu apa hubungannya metode dakwah Sunan Kalijaga dengan masa sekarang? Saat ini adalah masa Internet mendunia. Smartphone, tablet, dan modem sudah gampang di cari dimana-mana. Istilahnya Dunia ada di genggaman. Karena kebudayaan sekarang seperti itu maka metode dakwah Sunan Kalijaga bisa di praktekan misalnya menulis blog artikel tentang Islam, membuat video tentang teladan Rasul dan diunggah di Youtube. Serta menulis dan men-share informasi informasi lainnya seperti di www.cyberdakwah.com (Media Islam Terdepan) atau www.muslimedianews.com (Voice of Moslem) atau www.nu.or.id (Website resmi Nahdlatul Ulama) sehingga umat bisa mengakses situs tersebut kapanpun dan dimanapun. Menurut ane, itu keren. Berdakwah dengan Internet seperti www.habiblutfi.net (Dakwah teduh dan cinta tanah air) atau bahkan bisa streaming seperti disini www.streamingislami.com (Streaming dakwah Islam terlengkap) bisa menambah keimanan juga loh. Nunggu bis jemputan, nunggu istri selesai masak atau nunggu pesenan makanan datang, bisa tuh sambil streaming. Dengan mengikuti metode dan teladan dari Sunan Kalijaga insya Allah dakwah kita akan diterima oleh masyarakat dan dapat menata kehidupan khususnya di Negara Republik Indonesia.

budionline.blogdetik.com

budionline.blogdetik.com

pustaka :

http://anwchelsea.wordpress.com/2013/02/07/metode-dakwah-sunan-kalijaga/

7 Komentar

  1. oplosane mandek sek do…. sadar do sadarrrr… ini pasti postingan dibawah pengaruh mixmax…

  2. Keren postingannya :>

  3. Kunjungi tulisanku juga ya.

Trackbacks

  1. Masa Verifikasi Karya Kontes Blog Muslim Ke-2 “Walisongo & Teladan Sukses Berdakwah” | Kontes Blog Muslim
  2. Pengumuman Nominator 10 Karya Terbaik Kontes Blog Muslim Ke-2 | Kontes Blog Muslim
  3. Pengumuman Akhir Kontes Blog Muslim Ke-2 | Kontes Blog Muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: