Candi Gedong Songo : Terlalu Indah Untuk Dilupakan

Time to refreshing..menjelang penempatan ane ke Ambon, ane sempetin tuh jalan-jalan sama istri and mertua ane. Tujuannya di Candi Gedong Songo Ungaran. Jalan naik udara sejuk..tapi yang jalan menyusuri ke sembilan candinya cuma ane, istri dan adik ipar doang.

DSCN4768

Pose dolooo

Berikut cuplikan sejarahnya :

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi. Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi). Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C) Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda. sumber

 Pertama naik ke Candi I. Hari ini bebarengan sama acara anak-anak pramuka. Memang setiap weekend, lokasi ini digunain untuk hiking, makrab (malam keakraban), kemah, atau sekedar bersantai-santai sambil makan sate kelinci. Lanjut fokus ke bangunannya. Candi I ialah candi yang paling deket dari tempat parkir (ya iyalah… :D) sebab itulah candi I menjadi candi yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena tidak perlu berjalan jauh.

Candi I

ada yang pacaran😀

Lanjut perjalanan kami ke Candi II. Istri ane sempet bilang kalo cukup di Candi II aja soalnya dia gak kuat nanjaknya. Ane jawab aja, “oper ke gigi 1” *toyorrr..Mungkin Candi II adalah tujuan final dari perjalanan anak-anak pramuka. Hal ini terlihat dari ramainya orang berpakaian cokelat muda-cokelat tua di sekitaran Candi II. Terlihat juga para bapak-ibu pembina pramuka sekolah setempat sedang memberi arahan. Jarak dari Candi I ke II tidak terlalu jauh tapi jalan naik terus.

2

Jadi PKP (Pusat Kegiatan Pramuka)😀

Lanjut ke Candi III, candi ini tidak terlalu curam karena dibumbui oleh jalan yang menurun. Di deket candi ini juga ada tempat pemandian air panas. Cukup 5000 aja karena juga ada sumber air panasnya. Kebanyakan yang menggunakan fasilitas ini adalah orang lanjut usia. Mereka sewa kuda dari bawah supaya tidak perlu capek-capek menanjak untuk sampai ke tempat pemandiannya. Pas banget ini, disaat udara sejuk, kita berendam/mandi air panas. Nyussss…Ane juga sempet narsis disini…hahaha

3

Kiri Atas : Istri ane lagi cari sinyal

mandi

Konon katanya air panas ini bisa untuk merebus telur

narsis

Kanan bawah : Sinyalnya belem ketemu gan

Candi IV. Yang ini letaknya agak memisah dari Candi V. Mungkin sedang lagi ada masalah..hehehehe. Candi ini halamannya paling luas diantara Candi yang lain jadi enak buat lari-larian. Macam tari India..tapi sebelum ke Candi IV, istri ane yang udah kelelahan mengisi waktunya untuk beristirahat di warung terdekat. Pecel + mie goreng + mendoan panas sungguh menggugah selera dimakan saat udara sejuk.

4

warung

Ngaso duluu

Candi V ini adalah puncak dari Candi Gedong 9. Kawasan ini juga terdapat Candi VI-IX tapi sayang candi terakhir yang ane sebut udah gak berbentuk lagi. Konon dulunya, kawasan ini memang dinamakan 9 candi tapi kalau dihitung secara pasti pasti jumlahnya delapan. Entah cerita darimana tapi kabar ini memang sudah terkenal. Ada mitos juga kalau berpacaran di kawasan ini bakal gak langgeng. Tapi ini hanyalah mitos. Yang bisa ane ambil dari perjalanan ini adalah Indahnya ciptaan Allah yang bisa membuat kawasan ini. Jalan berliku, naik turun, tapi bisa berdiri candi yang banyak. Nah dari Candi V ini kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa indah dari atas. Pemandangan Kota Semarang bagaikan miniatur. Oke gan sekian dulu postingan ane. Kita jumpa lagi di perjalanan berikutnya. Dankeee….!!!

5

6-7

Candi 6 dan 7 gan. Tinggal kenangan

8-9

Candi 8 dan 9 gan. Samson bangeddd (Kenangan Terindah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: